Belajar - Memperatikan - Memodifikasi - Berbagi

http://faridmemo.blogspot.co.id

Manfaat dan Kegunaan Internet


Apa sih Itu Internet?

Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking ("antarjaringan").

oke kali ini admin akan membahas , Manfaat dan Kegunaan Internet:

Manfaat dan kegunaan internet

    
1. Manfaat Penggunaan Internet


  • Informasi yang murah, gampang, melimpah, cepat serta aktual. Dengan adanya teknologi yang disebut internet kita dapat dengan mudah, murah serta cepat memperoleh informasi dari beragam penjuru dunia, contohnya berita terkini perihal politik di satu negara, ekonomi, olahraga serta yang lain.
  • Perpustakaan raksasa. Di internet kita bisa dengan gampang melacak beragam literatur atau buku buku elektronik ( e-book ) yang bisa di download dengan gratis. atau bisa juga membeli buku secara online.
  • Media komunikasi. internet adalah media komunikasi yang gampang, murah, serta cepat dibanding dengan telpon atau surat konvensional. tak hanya e-mail atau surel ( surat elektronik ), di internet juga ada media untuk chatting, seminar berbasis situs web ( webminar ) serta video conference ( skype, instant messaging ; yahoo messenger, gtalk, facebook chat dan masih banyak lagi yang lain. )
  • Fasilitas promosi serta publikasi. melewati internet, sebuah perusahaan bisa mempromosikan product produknya dengan lebih lengkap serta murah tanpa terbatas area dan waktu. Apalagi kita juga bisa mempromosikan “menjual diri” dengan kemampuan atau keahlian yang kita punyai ke dunia internasional. Publikasi-publikasi aktivitas juga bisa lebih luas menjangkau sasarannya.
  • Media Bisnis. Telah jadi tren di mana sistem komersial atau jual beli bisa dikerjakan dengan cara online. Istilah kerennya yaitu e-commerce, seluruh transaksi apalagi sistem pembayaran bisa dikerjakan melewati internet.
  • Pertukaran Data. Dengan internet kita bisa dengan mudah melakukan sistem pertukaran data yang murah serta cepat, tetapi yang perlu di perhatikan yaitu factor keamanan data tersebut.
  • Mereduksi Biaya Produksi. Tidak sedikit media cetak ataupun elektronik yang mempunyai website online yang sediakan berita berita aktual yang gampang di akses layaknya : detik. com, pikiran-rakyat. com, kompas. com, liputan6. com dan masih banyak situs-situs berita yang lain
2. Kegunaan Internet 
  
a. Bisa berkenalan dengan sesama penulis.

Ada pepatah mengatakan jika kau ingin menjadi orang yang sukses, maka bergaullah dengan orang yang sukses. Begitupun jika ingin menjadi penulis, maka punyailah kawan-kawn yang berprofesi sebagai penulis juga.

b. Bisa belajar banyak di grup kepenulisan.

Bagi penulis, keberadaan internet pun mempunyai kegunaan yang lain. Apalagi kalau bukan untuk menambah ilmu dan pengetahuan. Di internet terutama di facebook dan twitter banyak bertebaran grup-grup kepenulisan. Biasanya mengusung segmen pembacanya sendiri-sendiri. Ada yang khusus mengulas novel, skenario, flash fiction, cerita anak dan lain sebagainya.



c. Membuat buku dengan bergabung dengan agensi naskah.

Sering seorang penulis merasa belum lengkap menjadi penulis sebelum menelorkan buku solo. Tetapi untuk menembus penerbit mayor sering tidak mudah dilakukan. Hal itu karena harus bersaing dengan penulis kawakan, yang tentu saja sudah banyak pengalaman. Tetapi dengan keberadaan agensi naskah, kita difasilitasi agar kualitas naskah kita memang layak masuk penerbit kenamaan.

d. Membuat blog

Keberadaan internet memunculkan profesi dan hobi baru, menjadi blogger. Blogger adalah mereka yang mempunyai blog baik yang gratis maupun yang berbayar. Tema tulisan yang diusung dalam blog biasanya kegiatan sehari-hari, tetapi ada juga yang mengangkat tema-tema khusus. Misalnya parenting, wisata, kesehatan dan lain-lain.

e. Bisa kirim naskah dengan mudah ke media online maupun penerbit.

Keberadaan internet yang paling memudahkan bagi penulis adalah email. Mengirim email itu gratis, mudah dan cepat. Dalam hitungan detik apa yang kita kirim bisa langsung diterima walau letaknya di belahan dunia mana pun juga. Yang penting ada koneksi internetnya.

f. Peluang menjadi penulis freelance untuk beberapa website.

Keberadaan internet juga membuka peluang untuk mendapatkan penghasilan. Caranya adalah menulis artikel untuk beberapa website yang membutuhkannya. Dan ini bisa dijadikan ajang untuk melatih menulis. Bagaimana kita membuat sebuah tulisan yang bisa lulus copy scape. Ini juga bisa dijadikan pekerjaan sampingan. Walaupun honornya kecil tetapi kita bisa mendapatkan uang yang cukup jika kita mampu menulis dengan jumlah yang banyak. Kualitas pun tidak dituntut sesempurna seperti ketika menulis untuk media offline.



g. Sarana promosi yang jitu.

Kegunaan internet yang lain bagi penulis adalah sebagai media untuk promosi buku, artikel dan lain sebagainya. Ada yang cara pembayaran sebuah artikel dilihat dari banyaknya pengunjung yang membaca artikel kita.

h. Sumber referensi yang tidak terbatas.

Di internet banyak sekali tulisan dengan berbagai tema. Hal itu bisa menjadikan refrensi untuk menulis buku. Tetapi jangan sembarangan mencantumkan referensi dari internet. Karena di internet banyak artikel copy paste. Bahkan kita sendiri tidak tahu siapa yang menulis pertama kali. Karena sering mereka tidak mencantumkan sumber resminya. Tetapi untuk membaca dan menambah pengetahuan sangat dianjurkan.

referensi :  https://melkiapipa4internet.weebly.com/manfaat--kegunaan-internet.html 
Tag : Network, News
0 Komentar untuk "Manfaat dan Kegunaan Internet"

Back To Top